Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) adalah Ujung Tombak Keberhasilan Program PKH

Oleh: Bakri, S.TH  (Pendamping Sosial Kec. Samadua) 

Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/atau seseorang  miskin dan rentan, yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat (KPM). Pada program PKH terdapat bisnis proses PKH yang dilaksanakan sesuai dengan alur yang berlaku, yang meliputi pertemuan awal, validasi, penyaluran bantuan,  verifikasi komitmen, pemutakhiran data, dan transformasi kepesertaan. Peserta PKH juga harus memahami alur bisnis proses PKH, pemahaman mengenai alur bisnis proses PKH dapat disampaikan pada saat pertemuan kelompok, tujuannya agar KPM lebih memahami apa saja yang menjadi hak dan kewajiban sebagai peserta PKH.
 
Salah satu hak peserta PKH adalah mendapatkan Pendampingan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Sebagai pendamping sosial harus berperan aktif dalam pendampingan peningkatan kemampuan keluarga, pendamping harus dapat menjadi agent of change (agen perubahan) bagi seluruh peserta PKH. Tugas pendamping sosial diwujudkan dengan melaksanakan Family Development Session (FDS)/ Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di wilyah pendampingan masing-masing setiap bulannya secara berkala. Materi yang diberikan meliputi Pengasuhan dan Pendidikan Anak, Ekonomi, Kesehatan dan Gizi, Perlindungan Anak, Lanjut usia dan Disabilitas. Materi ini sudah dikemas dengan baik oleh Kementerian Sosial, untuk penyampaian materi dapat dilakukan sesuai dengan kreatifitas masing-masing pendamping.
 Pentingnya melaksanakan  Family Development Session (FDS)/ Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) bagi para peserta PKH adalah  merubahan perilaku terhadap kebiasaan sehari-hari, meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pendidikan, kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga dan meningkatkan kemampuan peserta untuk lebih memahami potensi diri yang dimiliki yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
Pada kegiatan Family Development Session (FDS)/ Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) tidak semata hanya pemberian materi saja, tetapi ada kegiatan diskusi kelompok, menonton film, dan diselingi dengan permainan agar peserta tidak jenuh dan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan. Pendamping sosial harus dapat menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan dimana saja dirumah peserta PKH, halaman rumah peserta PKH, lahan kosong yang terbuka, dan sebagainya, namun harus tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan peserta, sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Ujung Tombak keberhasilan program PKH dapat dilihat melalui kegiatan Family Development Session (FDS)/ Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). 
Untuk penambahan dan melengkapi materi FDS pada kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Kelompok di Kecamatan Samadua khususnya dampingan saya dengan menambahkan materi keagamaan dengan tujuan agar KPM PKH bukan saja mendapatkan bantuan secara lahiriah (materi) juga melakukan pendekatan secara keagamaan, kegiatan ini meliputi diskusi dan tanya jawab seputar permasalahan agama yang berhubungan dengan kegiatan PKH. Untuk kegiatan ini kami menghadirkan Ustaz sebagai pemateri.   

Salam PKH
PKH Samadua
Kabupaten Aceh Selatan
2018
 















Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar yang membangun. Terimaksih!

Lebih baru Lebih lama